Resolution in Indonesian

DUTA UNTUK KEDAMAIAN 

PUSAT DIALOG KEBEBASAN BERAGAMA 

MATERI 18 DEKLARASI HAK ASASI MANUSIA 


" Setiap orang berhak atas kebebasan berpikir, berkeyakinan dan beragama, hak ini termasuk kebebasan berganti agama atau kepercayaan, dan kebebasan, baik sendiri atau dalam komunitas dengan orang lain dan dalam praktek umum atau pribadi, untuk memanifestasikan agama atau kepercayaan dalam pengajaran , ibadah dan ketaatan." 

Duta Untuk Kedamaian 

Resolusi hak-hak beragama 

Hal yang mendasari resolusi ini adalah adanya kebencian atas nama agama. 


• Deklarasi ini ditetapkan , setelah melalui perumusan dan kesepakatan bersama oleh para tokoh agama dari berbagai latar belakang keyakinan. 

• Resolusi ini merupakan ikhtisar dari beragam pernyataan yang bersumber dari para tokoh agama. Kami tuangkan dalam betuk tulisan yang jelas supaya dapat dipertanggungjawabkan atas apa yang kita ucapkan. 

•Sesungguhnya masyarakat beragama di dunia, tidak menerima pengaturan atas hak asasi manusia yang diberikan oleh Tuhan terutama hak menganut kepercayaan dan hak hidup damai diatas muka bumi ini. 

• Oleh karena itu, dukungan untuk deklarasi ini, akan mampu memperkuat rasa saling menghormati dan menghargai antar pemeluk agama serta kebebasan menganut kepercayaan dan berekspresi sehingga mampu mengakhiri pertikaian. 

• Resolusi ini, menyerukan kepada semua tokoh agama dan politik untuk bersama-sama berjuang demi mewujudkan perdamaian. 

• Berdasarkan ini, dapat ditarik kesimpulan bahwasanya jawaban atas pertikaian antar agama yang terjadi selama ini adalah denga dialog dan komunikasi yang didasari rasa saling menghormati antar pemeluk agama tanpa adanya kekerasan. 

• Resolusi ini bukan merupakan keputusan politik atau ekumenis dan tidak bertujuan untuk mengubah keyakinan, atau membandingkan agama, ataupun interpretasi. Resolusi ini tidak mengandung unsur ras dan kesukuan. 


Kami yang bertanda tangan menyatakan sebagai berikut: 

1. Kami menyadari adanya kaum fanatik dalam agama.. 

2. Kami menyadari bahwa penggunaan kekerasan untuk memberikan dogma-dogma agama atau untuk memaksa orang lain memeluk agama tertentu tidak dapat dibenarkan sama sekali. 
3. Sebagai perwakilan dari semua agama di dunia yang bersatu dalam satu tubuh , dan dengan keyakinan kita masing-masing bersepakat untuk menghormati hak suci setiap individu dalam beragama.. 
4. Oleh karena itu, kami menetapkan mutlaknya menghormati hak individu yang telah diberikan oleh Sang Pencipta tidak dapat tergantikan. 
5. Kami percaya bahwa semua individu atau kelompok dari berbagai latar belakang agama, mempunyai hak yang sama untuk berdakwah dengan cara yang damai dan tidak menggunakan kekerasan ataupun hal-hal yang bersifat memaksa. 
6. Semua lembaga keagamaan mempunyai hak yang sama untuk menyeru dan berdialog mengenai keyakinan mereka dalam forum terbuka tanpa adanya kekerasan. 
7. Kami percaya bahwa setiap orang mempunyai hak untuk percaya pada agama apapun yang diinginkannya. 
8. Semua orang baik pria maupun wanita, memiliki hak suci untuk menerima atau menolak agama apapun tanpa intervensi agama dan politik. 
9 Tidak dibenarkan adanya campur tangan agama dan politik dalam keyakinan setiap orang. 
10. Setiap orang berhak untuk mengadakan dialog keagamaan tanpa intimidasi. 
11. Setiap orang berhak untuk mendengarkan dan didengarkan seruannya. Semua orang di dunia memiliki hak untuk mempelajari agama dan menelaah kitab-kitab suci. 
12. Semua orang terlepas dari afiliasi agama, etnis atau kewarganwegaraan manapun memiliki hak yang sama untuk dapat hidup damai berdampingan, apa pun kepercayaan mereka. 
13. Semua orang dari agama apapun, berhak untuk mendengarkan orang lain. 
14. Tidak dibenarkan mengganggu atau mengacaukan salah satu layanan spiritual agama lain. 
15. Setiap orang yang berusaha mencari kebenaran berhak untuk pergi ke tempat agama apapun untuk memenuhi rasa ingin tahu mereka tentang agama tersebut.. 
16. Setiap orang berhak untuk bergabung dengan orang lain. 
17. Oleh karena itu, kita berkomitmen bahwasanya setiap pemeluk agama mempunyai hak suci untuk melibatkan orang lain dalam pengetahuan mereka dan untuk hidup damai dengan hasil dari pengetahuan ini. 


( Naskah asli ditulis dalam Bahasa Inggris )

Promoting